Kamis, 27 September 2012

Hasil Diskusi Kelompok Observasi



TK ABA Gunung Ketur dan SDN Mendungan 1

v  Mekanisme Penyampian Materi Oleh Guru

Penyampaian materi di TK ABA Gunung Ketur dan SDN Mendungan 1 berlangsung secara efektif. Di TK ABA Gunung Ketur menggunakan hasil karya dari para siswa-siswanya. Sama halnya dengan SDN Mendungan 1 yaitu menggunakan media yang sudah ada di kelas, salah satunya yaitu dengan menggunakan aksara jawa.

v  Penggunaan Media Pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran di TK ABA Gunung Ketur dan SDN Mendungan 1 bisa dibilang berjalan dengan baik, karena pada saat pembelajaran hampir semua media pembelajaran yang ada di kelas digunakan sebagai media pembelajaran. Contohnya di TK ABA Gunung Ketur menggunakan media wayang sebagai alat peraga untuk mengenalkan siswa pada kebudayaan daerah, sedangkan di SDN mendungan 1 juga mengenalkan kebudayaan daerah menggunakan huruf aksara jawa.

v  Aktifitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran di TK ABA Gunung Ketur maupun di SDN Mendungan 1 sudah cukup aktif, kreatif dan siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran saat berlangsung.

v  Efektifitas Pembelajaran

Proses pembelajaran di TK ABA Gunung Ketur maupun di SDN Mendungan 1 berjalan secara efektif karena metode mengajar yang digunakan guru sudah sesuai dengan kondisi siswa dan media yang digunakan menarik sehingga siswa dapat dengan mudah memahami isi dari pembelajaran tersebut.

v  Kedudukan Media sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran

Media sangat berperan penting dalam proses pembelajaran, karena dengan menggunakan media mempermudah guru untuk menjelaskan pelajaran agar para peserta didik bisa memahami materi yang disampaikan.
 
 
v  Penggunaan Media dalam Pembelajaran

Penggunaan media dalam proses pembelajaran di kelas sangat membantu karena secara tidak langsung media inilah yang membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada siswa. Jadi proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran penggunaan media berperan besar untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa media yang digunakan dapat membantu siswa untuk berkonsentrasi terhadap isi pelajaran. Sebagai contoh penggunaan gambar dalam pembelajaran terbukti dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang disampaikan.

·         Kelebihan Media Pembelajaran
Membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada siswa, dan siswa juga dapat lebih mudah dalam menerima dan mencerna materi yang disampaikan guru. Dan dengan adanya media ini juga membuat siswa ikut berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
·     

    Kekurangan Media Pembelajaran
Terbatasnya alat peraga terkadang membuat guru harus berfikir lebih keras untuk mengatasinya. Media yang digunakan dikedua sekolah ini belum sepenuhnya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, media yang ada sebagian besar hanya hasil kreatifitas dari guru itu sendiri yang dibantu oleh siswa. Jadi kedua sekolah ini masih perlu pengembangan mengenai media yang digunakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar