TK ABA Gunung Ketur dan SDN Mendungan 1
v Mekanisme
Penyampian Materi Oleh Guru
Penyampaian materi di TK ABA Gunung
Ketur dan SDN Mendungan 1 berlangsung secara efektif. Di TK ABA Gunung Ketur
menggunakan hasil karya dari para siswa-siswanya. Sama halnya dengan SDN
Mendungan 1 yaitu menggunakan media yang sudah ada di kelas, salah satunya
yaitu dengan menggunakan aksara jawa.
v Penggunaan
Media Pembelajaran
Penggunaan
media pembelajaran di TK ABA Gunung Ketur dan SDN Mendungan 1 bisa dibilang
berjalan dengan baik, karena pada saat pembelajaran hampir semua media
pembelajaran yang ada di kelas digunakan sebagai media pembelajaran. Contohnya di
TK ABA Gunung Ketur menggunakan media wayang sebagai alat peraga untuk mengenalkan
siswa pada kebudayaan daerah, sedangkan di SDN mendungan 1 juga mengenalkan
kebudayaan daerah menggunakan huruf aksara jawa.
v Aktifitas
Siswa Dalam Proses Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran di TK ABA
Gunung Ketur maupun di SDN Mendungan 1 sudah cukup aktif, kreatif dan siswa
sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran saat berlangsung.
v Efektifitas
Pembelajaran
Proses pembelajaran di TK ABA
Gunung Ketur maupun di SDN Mendungan 1 berjalan secara efektif karena metode
mengajar yang digunakan guru sudah sesuai dengan kondisi siswa dan media yang
digunakan menarik sehingga siswa dapat dengan mudah memahami isi dari
pembelajaran tersebut.
v Kedudukan
Media sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Media sangat berperan penting dalam
proses pembelajaran, karena dengan menggunakan media mempermudah guru untuk
menjelaskan pelajaran agar para peserta didik bisa memahami materi yang
disampaikan.
v Penggunaan
Media dalam Pembelajaran
Penggunaan media dalam proses
pembelajaran di kelas sangat membantu karena secara tidak langsung media inilah
yang membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada siswa. Jadi proses
pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dapat disimpulkan bahwa
dalam proses pembelajaran penggunaan media berperan besar untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa media
yang digunakan dapat membantu siswa untuk berkonsentrasi terhadap isi
pelajaran. Sebagai contoh penggunaan gambar dalam pembelajaran terbukti dapat
memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang
disampaikan.
·
Kelebihan Media Pembelajaran
Membantu guru dalam
menyampaikan isi materi kepada siswa, dan siswa juga dapat lebih mudah dalam
menerima dan mencerna materi yang disampaikan guru. Dan dengan adanya media ini
juga membuat siswa ikut berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
·
Kekurangan Media Pembelajaran
Terbatasnya alat peraga
terkadang membuat guru harus berfikir lebih keras untuk mengatasinya. Media yang
digunakan dikedua sekolah ini belum sepenuhnya sesuai dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, media yang ada sebagian besar hanya hasil
kreatifitas dari guru itu sendiri yang dibantu oleh siswa. Jadi kedua sekolah
ini masih perlu pengembangan mengenai media yang digunakan agar proses
pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar